Kamis, 03 Maret 2011

ILMU BUDAYA DASAR # BAB 3

NAMA                          : M SYURAY RANZEVI R
KELAS                         :1 KA 33
N P M                           :14110827
KELOMPOK               : 6
DOSEN                        : Ninuk Sekarsari 

Ilmu Budaya Dasar #
Bab III (Manusia dan Penderitaan) 



Pengaruh yang akan terjadi pada seseorang jika mengalami penderitaan

Orang  yang  mengalami  penderitaan mungkin akan memperoleh pengaruh bermacam-macam dan sikap dalam dirinya. Sikap dalam dirinya. Sikap yang timbul dapat berupa sikap positif ataupun sikap negatif.   

  •          Sikap negatif misalnya    
penyesalan karena tidak bahagia, sikap kecewa, putus asa, ingin bunuh diri, Siakp ini diungkapkan dalam peribahasa "Sesal dahulu pendapatan, sesal kemudian tak berguna" ,"nasib sudah menjadi bubur". Kelanjutan dari sikap  negatif ini dapat timbul sikap anti, misalnya anti kawin atau tidak mau  kawin, tidak punya gairah hidup.  
  •          Sikap positif misalnya  
sikap optimis mengatasi penderitaan hidup, bahwa hidup bukan rangkaian penderitaan, melainkan perjuangan membebaskan diri dari penderitaan, dan penderitaan itu adalah hanya bagian dari kehidupan.  
Sikap positif biasanya kreatif, tidak mudah menyerah, bahkan mungkin timbul sikap keras atau sikap anti, misalnya anti kawin paksa, ia berjuang menentang kawin paksa, anti ibu tiri,ia berjuang menentang kekerasan dan lain-lainnya

Studi Kasus 

Contoh :

Seorang Ibu menyiksa anaknya
Oklahoma City, Ok - Pada hari Kamis, LaRhonda Marie McCall, 38, dan temannya, Steve V. Hamilton, 40 menerima hukuman mereka yang akan banyak syukuri. Bernell McCall melarikan diri dari rumah ibunya pada bulan September 2009 ketika ia berusia 14 tahun. Bernell sekarang 16 dan berada di hukuman ibunya. Dia menyatakan bahwa dia memaafkan ibunya, tapi tidak akan pernah melupakan apa yang dia lakukan padanya. Jaksa mengatakan bahwa anak itu disiksa selama empat tahun yang berarti bahwa itu penyiksaan dimulai ketika ia hanya 10 tahun. Ia dipukuli dengan rantai sepeda, kabel kawat, ikat pinggang dan jack mobil. Dia tersedak, kelaparan, menikam, diikat dan dibakar. Ia diikat untuk sebuah tangga di garasi, disiram dengan air gula dan ditinggalkan di sana selama berjam-jam untuk digigit oleh bug. Ia juga dipaksa untuk berdiri telanjang di salju. Dia tidak pernah diizinkan untuk pergi ke sekolah. Dia dikurung berkala selama beberapa hari pada satu waktu 
Bernell sebenarnya baru saja kembali dengan ibunya di tahun 2006. Pertahanan pengacara menyalahkan penyalahgunaan tentang masalah berat anak itu perilaku. ibu Bernell's lain dia menguncinya di lemari untuk mencegah dia dari menyakiti saudara-saudaranya.
McCall memiliki keyakinan 1996 untuk pembunuhan tingkat dua di New York atas kematian anak perempuan. Dia hanya menghabiskan beberapa bulan dalam tahanan itu.
McCall menerima dua hukuman seumur hidup. Dia tidak akan memenuhi syarat untuk pembebasan bersyarat untuk setidaknya 38 tahun. Jika diberikan pembebasan bersyarat pada waktu itu, dia kemudian akan mulai menjalani hukuman kehidupan kedua dia untuk setidaknya 38 tahun. 
Hamilton, kaki dia dihukum istilah hidup ditambah 20 tahun.
Bernell hadir selama hukuman dan terlihat menangis di beberapa kali dan pada satu titik, harus meninggalkan ruang sidang. Ia berharap bahwa di masa depan ia akan dapat membuka pusat terapi bagi anak-anak dilecehkan.
Contoh beberapa gambar tentang penyiksaan dari Ibu ke anaknya :


  
Opini / Pendapat :

Pendapat saya, pemukulan bukanlah cara untuk mendidik anak dengan baik. hal tersebut sangat tidak manusiawi dan tidak efektif sehingga dapat merusak mental anak tersebut karena trauma yang mendalam. Lebih baik dengan cara berdialog dengan anak tersebut.

Kamis, 17 Februari 2011

ILMU BUDAYA DASAR # BAB 2

NAMA                        : M SYURAY RANZEVI R
KELAS                        : 1 KA 33
NPM                            : 14110827
KELOMPOK              : 6
DOSEN                       : NINUK SEKARSARI

Ilmu Budaya Dasar #
Bab II (Manusia dan Cinta Kasih)


Cara menumpahkan belas kasih adalah 
 Pengertian Cinta Kasih 

Menurut kamus umum bahasa Indonesia karya WJS Poerwadarminta. Cinta adalah rasa sangat suka (kepada) atau(rasa) sayagn (kepada). Ataupun rasa sangat kasih atau sangat tertarik hatinya sedangkan kata kasih artinya perasaansaying atau cinta kepada atau menaruh belas kasihan. Dengan demikian arti cinta dan kasih hampir bersamaan, sehinggakata kasih memperkuat rasa cinta. Karena itu cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka (saying) kepada seseorangyang disertai menaruh belas kasihan. 
Pengertian tentang cinta dikemukakan oleh Dr. Sarlito.W.Sarwono. dikatakan bahwa cinta memiliki 3 unsur yaituketerikatan, keintiman, dan kemesraan.. Yang dimaksud dengan keterikatan adalah adanya perasaan untuk hanya bersamadia, segala prioritas untuk dia, tidak mau pergi dengan orang lain kecuali dengan dia. Keintiman yaitu adanya kebiasaan-kebiasaandan tingkah laku yang menunjukkan bahwa antara anda dengan dia sudah tidak ada jarak lagi. Panggilan-panggilan formal seperti bapak, ibu, saudara digantikan dengan sekedar memanggil nama atau sebutan saying. Kemesraanyaitu adanya rasa ingin membelai atau dibelai, rasa kangen kalau jauh atau lama tidak bertemu, adanya ucapan-ucapan yang mengungkapkan rasa sayang. 
Cinta tingkat menengah adalah cinta kepada orang tua, anak, saudara, istri/suami dan kerabat. Cinta tingkat rendahaanya cinta yang lebih mengutamakan cinta keluarga, kerabat, harta dan tempat tinggal. 

Kasih Sayang 

Kasih sayang adalah perasaan sayang, perasaan cinta atau perasaan suka kepada seseorang. Dalam kehidupan berumah tangga kasih sayang merupakan kunci kebahagiaan. Kasih sayang ini merupakan pertumbuhan dari cinta. Dalam kasih sayang sadar atau tidak sadar dari masing-masing pihak dituntut tanggung jawab, pengorbanan, kejujuran, saling percaya, saling pengertian, saling terbuka, sehingga keduanya merupakan kesatuan yang bulat dan utuh. Bila salah satu unsur kasih sayang hilang, misalnya mundur dari tanggung jawab, maka retaklah keutuhan rumah tangga itu. 
Kemesraan 
Kemesraan berasal dari kata dasar mesra, yang artinya perasaan simpati yang akrab. Kemesraan ialah hubungan yagnakrab baik antara pria dan wanita yang sedang dimabuk asmara maupun yang sudah berumah tangga. Kemesraan padadasarnya merupakan perwujudan kasih saying yang mendalam. 

Pemujaan 

Pemujaan adalah salah satu manifestasi cinta manusia kepada Tuhannya yang diwujudkan dalam bentuk komunikasi ritual. 

Belas Kasihan 

Dalam surat Yohanes dijelaskan ada 3 macam cinta. Cinta Agape ialah cinta manusia kepada Tuhan. Cinta Philia ialah cinta kepada ibu bapak (orang tua) dan saudara. Dan ketiga cinta erros atau amor ini ialah cinta antara pria dan wanita. Beda antara cinta amor dan erosini adalah citna eros cinta karena kodrati sebagi laki-lakai dan perempuan, sedangkancinta amor karena unsure-unsur yang sulit dinalar, misalnya gadis normal yang cantik mencintai dan mau menikahi seorangpemuda yang kerdil. Cinta terhdap sesame merupakan perpaduan cinta agape dan cinta philia. Cinta sesame ini diberikanistilah belas kasihan untuk membedakanantara cinta kepada orang tua, pria-wanita, cinta kepada Tuhan. Dalam cintakepada sesame ini diberi istilah belas kasihan, karena cinta disini buka karena cakapnya, kayanya, cantiknya, melainkankarena penderitaannya.

Studi kasus

Contoh :
Agustus 2008, situs TempoInteraktif.com mulai membicarakan Sheila Marcia yang terancam pidana lantaran tertangkap sedang pesta sedang pesta narkoba di sebuah kondominium di bilangan Penjaringan, Jakarta Utara. Ia ditangkap pada tanggal 07 Agustus 2008.


Dian Manginta - Cantik SelamanyaDi halaman situs tersebut, tiga pembaca meninggalkan catatan kekecewaan mereka terhadap artis yang bernama lengkap Sheila Marcia Joseph ini. Usia Sheila yang belia namun justru mengisi hari-harinya bukan hanya demi mengejar cita-cita mulia, mengkhawatirkan kita akan masa depan negara ini. Karena Sheila Marcia adalah contoh bagi banyak kalangan muda Indonesia.

Tapi kemudian media kita berusaha adil.MediaIndonesia.com, misalnya. Pada bulan November 2008, Media Indonesia menyiarkan pengakuan rasa penyesalan Sheila Marcia saat meminta hakim meringankan hukuman untuk perkara kepemilikan narkoba di Pengadilan Negeri Jakarta Utara. Waktu itu, Jaksa Penuntut Umum [JPU] menuntut Sheila agar dipenjara selama dua tahun.

Pada akhirnya, Koran Tempo mencatat bahwa majelis hakim menjatuhkan hukuman 12 bulan penjara dan denda Rp 5 juta subsider 2 bulan penjara bagi Sheila Marcia. Dituturkan bahwa sepanjang persidangan, Sheila dan teman-temannya yang jadi pesakitan lebih banyak tertunduk. Kita bisa mulai menangkap bahwa Sheila sungguh menyesal.

Waktu berjalan sampai kemudian pada 06 Maret 2009, Sheila diberitakan sudah menghirup udara bebas setelah dipenjara selama tujuh bulan dan mulai menata hidup serta karirnya kembali. Untuk berita bahagia tersebut, pembaca situs DetikHot.com pun meninggalkan catatan harapan mereka agar Sheila punya kualitas hidup lebih baik.

Kehidupan nampak bergulir begitu baik, bahkan Waspada Onlinejuga menyiarkan kunjungan Sheila Marcia saat duduk terharu di acara Hari Anti Narkoba di Rutan Kebonwaru, Bandung. Dan publik kita masih bisa menghanturkan harapannya supaya Sheila Marcia bisa punya hidup bahkan lebih baik.

Namun tiba-tiba, publik kembali terhenyak oleh suatu berita menggemparkan: Sheila Marcia harus kembali lagi masuk penjara. Reaksi simpang-siur masyarakat pun mulai bermunculan.

Pembaca DetikHot.com ada pula yang mengungkapkan merasa kecewa terhadap sistem pengadilan Indonesia dalam kasus dimasukkannya lagi Sheila Marcia ke dalam penjara. Kata seorang pembaca, ia merasa hukum di Indonesia bergantung pada selera pribadi JPU dan hakim. Lanjut si pembaca tadi, kasus Sheila tidak menjukkan rasa rasa keadilan dan penerapan hukum yang mendidik.

Aku pun ikutan heran. Lho, memangnya Sheila "make" lagi? Make yang kumaksud itu bukan bahasa Inggris untuk "membuat", ya? Tapi bahasa sehari-hari di Jakarta untuk "memakai". Lha, iya, dong... Sudah dihukum lalu harus masuk penjara lagi, 'kan mestinya karena ada Sheila berbuat salah lagi?

Tapi kayaknya, sih, bukan karena Sheila berbuat salah lagi. Melainkan, sepertinya, dan ini gak enak didengar, ada yang salah dalam proses pengadilan sebelumnya! Wah! Apa benar begitu?

Daripada berpikiran negatif terhadap pengadilan di negeri sendiri, lebih baik kita cari tahu apa yang sesungguhnya terjadi. Maka hari ini, ahli hukum kita, Meyland, mengajak untuk mempelajari apa yang terjadi dalam kasus Sheila Marcia itu. Tentu dengan maksud untuk menambah wawasan kita dalam hal hukum yang adalah tanda adanya keteraturan di masyarakat kita.
 Opini / Pendapat :
 Pendapat saya, di zaman saat sekarang ini jangan terlalu percaya akan cinta dan sayang dari seseorang sebelum kita bisa menilai orang tersebut lebih dalam karakternya. Jadi untuk mencurahkan rasa sayang atau cinta kepada orang lain jangan berlebihan.

ILMU BUDAYA DASAR # BAB 1

NAMA                       : M SYURAY RANZEVI R
KELAS                       : 1 KA 33
NPM                           : 14110827
KELOMPOK             : 6
DOSEN                       : NINUK SEKARSARI

Ilmu Budaya Dasar #
 Bab I (Manusia dan Kebudayaan)


 Tiga wujud kebudayaan menurut dimensi wujudnya yaitu 
Jawaban :

1. Gagasan (ide)
  
Wujud ideal kebudayaan adalah kebudayaan yang berbentuk kumpulan ide-ide, gagasan, nilai-nilai, norma-norma, peraturan, dan sebagainya yang sifatnya abstrak; tidak dapat diraba atau disentuh. Wujud kebudayaan ini terletak dalam kepala-kepala atau di alam pemikiran warga masyarakat. Jika masyarakat tersebut menyatakan gagasan mereka itu dalam bentuk tulisan, maka lokasi dari kebudayaan ideal itu berada dalam karangan dan buku-buku hasil karya para penulis warga masyarakat tersebut. 

2. Aktivitas (tindakan)

Aktivitas adalah wujud kebudayaan sebagai suatu tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat itu. Wujud ini sering pula disebut dengan sistem sosial. Sistem sosial ini terdiri dari aktivitas-aktivitas manusia yang saling berinteraksi, mengadakan kontak, serta bergaul dengan manusia lainnya menurut pola-pola tertentu yang berdasarkan adat tata kelakuan. Sifatnya konkret, terjadi dalam kehidupan sehari-hari, dan dapat diamati dan didokumentasikan. 

3. Artefak (karya) 

Artefak adalah wujud kebudayaan fisik yang berupa hasil dari aktivitas, perbuatan, dan karya semua manusia dalam masyarakat berupa benda-benda atau hal-hal yang dapat diraba, dilihat, dan didokumentasikan. Sifatnya paling konkret diantara ketiga wujud kebudayaan. dalam kenyataan kehidupan bermasyarakat, antara wujud kebudayaan yang satu tidak bisa dipisahkan dari wujud kebudayaan yang lain. Sebagai contoh: wujud kebudayaan ideal mengatur dan memberi arah kepada tindakan (aktivitas) dan karya (artefak) manusia.


Studi Kasus
 
Contoh :

Saat ini hampir seluruh masyarakat di Indonesia dalam hal kebudayaan saat ini mengalami berbagai rintangan dan halangan untuk menerima serbuah kebudayaan asing (luar) yang masuk lewat secara Globalisasi (perluasan cara-cara sosial melalui antar benua). Dalam hal ini teknlogi informasi serta komunikasi yang masuk ke Indonedia turut merubah-ubah cara kebudayaan Indonesia tersebut saat ini. baik itu dari kebudayaan nasional maupun kebudayaan murni yang ada di setiap daerah di dalam negara Indonesia. Dalam hal ini sering terlihat ketidakmampuan manusia di Indonesia untuk dapat beradaptasi dengan baik terhadap kebudayaan asing sehingga melahirkan perilaku yang cenderung ke Barat-baratan (westernisasi). *seperti anak gahul gitu deh.. haha !! (apa sih ???) zzz.. Hal tersebut terlihat dengan seringnya remaja/i Indonesia keluar-masuk pub, diskotik dan tempat hiburan malam lainnya berikut dengan berbagai perilaku menyimpang yang menyertainya dan sering melahirkan komunitas tersendiri terutama di kota-kota besar dan metropolitan. Dalam hal ini terjadinya berbagai kasus penyimpangan seperti penyalah gunaan zat adiktif, berbagai bentuk kategori pelacuran dan ‘western’ lainnya tak lepas dari ketidak mampuan manusia Indonesia dalam beradaptasi sehingga masih bersikap ‘conform’ dan ‘latah’ terhadap kebudayaan asing yang melenyapkan inovasi dalam beradaptasi dengan budaya asing sehingga melahirkan bentuk akulturasi. Bila dikaji dengan teliti hal tersebut mungkin dikarenakan ciri-ciri manusia Indonesia lama yang masih melekat seperti percaya mitos dan mistik, sikap suka berpura-pura, percaya takhyul yang dimodifikasi, konsumerisme, suka meniru, rendahnya etos kerja dan lain sebagainya bisa jadi mengakibatkan terhambatnya akulturasi (percampuran dua/lebih kebudayaan yang dalam percampurannya masing-masing unsurnya lebih tampak). Sikap etnosentrime (kecenderungan setiap kelompok untuk percaya begitu saja akan keunggulan/superioritas kebudayaannya sendiri dan sikap senosentrisme (sikap yang lebih menyenangi pandangan/produk asing) merupakan hal selanjutnya yang dapat menghambat terwujudnya kebudayaan nasional untuk kemajuan bangsa dan negara.
Sepertinya, sudah saatnya manusia Indonesia berikut dengan berbagai kebudayaan daerahnya yang ada melakukan suatu bentuk adaptasi yang sifatnya inovasi/pembaruan dengan budaya Barat/asing seperti dalam hal kesenian dimana instrumen musik tradisional dipadukan dengan instrumen modern (alat-alat band dengan teknologi komputernya) maupun perawatan berbagai benda kebudayaan dengan teknologi asing yang ada sehingga akulturasi dapat diwujudkan.
Selain itu, pengaruh media komunikasi seperti Televisi, radio, Internet sangat besar dampaknya dalam hal cara pandang manusia Indonesia terhadap ras. Sinetron-sinetron maupun film yang ditayangkan di Televisi dan bioskop yang memvisualisasikan dan mensosialisasikan gaya hidup ras Caucasoid (orang Eropah) turut mempengaruhi cara pandang manusia Indonesia terhadap budayanya sehingga tidak timbul kesadaran untuk mempelajari tindakan sosial dan sebaliknya. Dalam hal ini manusia Indonesia sepertinya lebih mengagung-agungkan/memuja ras Caucasoid berikut dengan gaya hidupnya dan menjadikannya sebagai kelompok acuan (umumnya oleh kaum perempuan) sehingga secara tak langsung mempengaruhi akal dan intelegensi, emosi, kemauan, fantasi dan perilaku manusia Indonesia sehingga terkendala dalam memajukan kebudayaannya itu sendiri. 
contoh perbandingan gambar pakaian budaya barat & timur .
pada gambar ini budaya barat hampir setiap menggunakan pakaian gaun yang terbuka pada bagian pundaknya
pada gambar ini budaya timur hampir selalu menggunakan pakaian gaun yang tertutup pada bagian pundaknya



Opini / Pendapat : 

Menurut Saya, kita jangan meniru sesuatu yang jelek dan bertentangan dengan  agama islam seperti budaya dari barat, karena budaya timur identik dengan busana yang sopan.


Selasa, 11 Januari 2011

Tugas Softskill 4 | Bagian 2

Nama : M SYURAY RANZEVI RANGKUTY
Kelas : 1KA33
NPM : 14110827
Dosen : Hari Setiawan

ISD B :

1. Jelaskan dengan singkat fungsi agama dalam masyarakat !

Agama merupakan faktor yang sangat penting dan sangat menentukan bagi kehidupan jutaan manusia. Agama seringkali menjadi motif dalam keputusan-keputusan politik, social ekonomi, serta pernyataan-pernyataan kebudayaan. Agama dapat mempersatukan dari berbagai suku dan bangsa di dunia ini. Agama dapat menjadi tali pengikat persaudaraan yang kekal, yang melampaui batas-batas wilayah atau georafi. Orang-orang beragama lebih dekat satu sama lain karena mereka mengenal seperangkat nilai-nilai dasar sebagai pedoman bagi kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

2. Sebutkan dimensi komitmen agama menurut Roland Robertson (1984) !

Dimensi keyakinan, dimensi pengalaman, dimensi pengetahuan, dan dimensi konsekuensi.

3. Jelaskan hubungan antara agama, konflik, dan intregasi !


Konflik bertentangan dengan integrasi. Konflik dan Integrasi berjalan sebagai sebuah siklus di masyarakat. Konflik yang terkontrol akan menghasilkan integrasi. Sebaliknya, integrasi yang tidak sempurna dapat menciptakan konflik, sedangkan hubungannya dalam agama misalnya perbedaan faham agama.


Tugas Softskill 4 | Bagian 1

Nama : M SYURAY RANZEVI RANGKUTY
Kelas : 1KA33
NPM : 14110827
Dosen : Hari Setiawan

ISD A :

1. Jelaskan dgn singkat maksud dari :
  • Ilmu Pengetahuan
Ilmu (atau ilmu pengetahuan) adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia. Segi-segi ini dibatasi agar dihasilkan rumusan-rumusan yang pasti. Ilmu memberikan kepastian dengan membatasi lingkup pandangannya, dan kepastian ilmu-ilmu diperoleh dari keterbatasannya.

  • Teknologi
Teknologi adalah sebuah terminologi yang berasal dari Barat / Yunani, yaitu "technology". Dia merupakan penerapan atau implementasi dari ilmu pengetahuan dan rekayasa untuk tujuan tertentu. Tujuan tertentu ini antara lain untuk pemecahan suatu masalah (problem solving), untuk menghasilkan suatu produk, dan sebagainya.

  • Kemiskinan
Kemiskinan adalah keadaan dimana terjadi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan, pakaian, tempat berlindung, pendidikan, dan kesehatan.

2. Jelaskan dgn singkat perkembangan ilmu pengetahuan teknologi dalam kaitannya dgn kemiskinan !

Perubahan teknologi yang cepat mengakibatkan kemiskinan, karena mengakibatkan terjadinya perubahan sosial yang fundamental. Sebab kemiskinan diantaranya disebabkan oleh struktur ekonomi, dalam hal ini pola relasi antara manusia dengan sumber kemakmuran, hasil produksi dan mekanisme pasar. Kesemuanya merupakan sub sistem atau sub struktur dari sistem kemasyarakatan. Termasuk di dalamnya ilmu pengetahuan dan teknologi.

Tugas Softskill 3

Nama : M SYURAY RANZEVI RANGKUTY
Kelas : 1KA33
NPM : 14110827
Dosen : Hari Setiawan


1. Jelaskan dengan singkat tentang antroposentris dan teosentris yang muncul karena adanya cita-cita tentang kesamaan derajat/sosial?

Jawab: Cita-cita kesamaan derajat atau persamaan sosial yang menawarkan diri untuk mengatasi ketimpangan sosial dalam tatanan masyarakat.

2. Apakah yang dimaksud dengan pemuda?

Jawab: Pemuda adalah:
A. Mereka yang berumur antara 10-24 tahun,
B. Mereka yang berumur antara 15-30 tahun,
C. Mereka yang berumur antara 15-35 tahun,
D. Mereka yang secara psikologis mempunyai jiwa muda dan mempunyai identitas kepemudaan. 

3. Sebutkan 4 struktur penting yang menentukan kepribadian?

Jawab: 4 struktur penting yang menentukan kepribadian:
A. Keturunan,
B. Lingkungan tempat tinggal,
C. Tempat fisik kehidupan sosial,
D. Lingkungan sosial dan budaya.

4. Sebutkan dan jelaskan dengan singkat ciri-ciri sistem politik di negara sedang berkembang menurut Shils, Almond, dan Coleman!

Jawab: Ciri-ciri sistem polotik menurut Shils, Almond, dan Coleman:
A. Demokrasi Politik : Memiliki struktur politik paling lengkap seperti adnya lembaga legislatif, eksekutif, yudikatif, kelompok kepentingan atau partai politik. Fungsi lembaga tersebut berkedudukan otonom (bebas), legislatif dipilh secara periodik melalui pemilu, terdapatnya pergantian kepemimpinan secara teratur untuk mengontrol kekuasaan eksekutif. 

B. Demokrasi Terpimpin : Memiliki striktur politik sama dengan demokrasi politik. Perbedaannya terletak pada fungsinya yaitu: fakta bahwa kekuasaan demokrasi terpimpin berkonsentrasi pada tangan eksekutif, eksekutif lebih berkuasa dari legislatif, ikatan kekuasaan eksekutif dengan partai pemerintah lebih erat, oposisi terbatas, dan pendapat umum didominasikan pemerintah,parlemen tidak punya kekuatan riil dan partai-partai diikat dengan ideologi.
C. Oligarki Pembangunan : Mempercepat demokrasi dan modernisasi. Struktur sistem politik memiliki pemerintah baik itu militer maupun sipil, parlemen (sebagai syarat formal), tidak ada oposisi dan yudikatif tidak bebas(parsial). Ditinjau dari fungsinya, kekuasaan bertumpu pada eksekutif, parlemen hanya memberikan persetujuan/nasihat rencana aturan eksekutif, oposisi tidak ada, sangat bergantung pada birokrasi, kekuasaan digunakan untuk memobilisasi penduduk demi kesatuan nasional dan proyek
pembangunan dan yudikatif mandul.

D. Oligarki Totaliter : Tidak ada pusat kekusaan selain penguasa, dominasi semua aspek kehidupan masyarakat dan pusat, kelompok kecil menguasai seluruh sistem, elit politik memiliki ideology konsisten dan terperinci, ideologi pengikat persatuan dan tameng serangan luar, birokrasi dan partai mengalami
indoktrinasi dan mobilisasi penduduk, partai pengawas atas birokrasi lembaga pelaksana negara, wakil rakyat tidak membawa perubahan pada susunan elit yang berkuasa, tidak ada swasta/kelompok kepentingan otonom, ada hanya organisasi terafiliasi dengan partai.

E. Oligarki Tradisional : Warisan dari elit dinasti karena berhasil menghindarkan diri dari penjajahan kolonial,kekuasaan raja dan kelompok berkuasa di sekelilingnya karena tradisi,aparat negara terbatas
tugasnya, desa tidak mendapat perhatian, pengangkatan jabatan pribadi dengan pertimbangan pribadi, parlemen hanyalah hiasan karena lemah tergantung kemurahan hati raja atau elit politik, elit sebagai pembuat
undang-undang bukan parlemen, tidak ada organisasi bebas tanpa kontrol penguasa.

Rabu, 17 November 2010

Tugas Softskill 2

Nama : M Syuray Ranzevi Rangkuty
Kelas : 1KA33
NPM : 14110827
Dosen : Hari Setiawan


1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan :
  1. Individu
  2. Keluarga
  3. Masyarakat
  4. Penduduk
1. Individu

Individu merupakan unit terkecil pembentuk masyarakat.Dalam ilmu sosial, individu berarti juga bagian terkecil dari kelompok masyarakat yang tidak dapat dipisah lagi menjadi bagian yang lebih kecil. Sebagai contoh, suatu keluarga terdiri dari ayah, ibu, dan anak. Ayah merupakan individu dalam kelompok sosial tersebut, yang sudah tidak dapat dibagi lagi ke dalam satuan yang lebih kecil.

2. Keluarga
Keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiri atas kepala keluarga dan beberapa orang yang terkumpul dan tinggal di suatu tempat di bawah suatu atap dalam keadaan saling ketergantungan. Menurut Salvicion dan Celis (1998) di dalam keluarga terdapat dua atau lebih dari dua pribadi yang tergabung karena hubungan darah, hubungan perkawinan atau pengangkatan, dhidupnya dalam satu rumah tangga, berinteraksi satu sama lain dan didalam perannya masing-masing dan menciptakan serta mempertahankan suatu kebudayaan.

3. Masyarakat
Masyarakat (sebagai terjemahan istilah society) adalah sekelompok orang yang membentuk sebuah sistem semi tertutup (atau semi terbuka), dimana sebagian besar interaksi adalah antara individu-individu yang berada dalam kelompok tersebut. Kata "masyarakat" sendiri berakar dari kata dalam bahasa Arab, musyarak. Lebih abstraknya, sebuah masyarakat adalah suatu jaringan hubungan-hubungan antar entitas-entitas. Masyarakat adalah sebuah komunitas yang interdependen (saling tergantung satu sama lain). Umumnya, istilah masyarakat digunakan untuk mengacu sekelompok orang yang hidup bersama dalam satu komunitas yang teratur.

4. Penduduk
Penduduk atau warga suatu negara atau daerah bisa didefinisikan menjadi dua:
  • Orang yang tinggal di daerah tersebut
  • Orang yang secara hukum berhak tinggal di daerah tersebut. Dengan kata lain orang yang mempunyai surat resmi untuk tinggal di situ. Misalkan bukti kewarganegaraan, tetapi memilih tinggal di daerah lain.
Dalam sosiologi, penduduk adalah kumpulan manusia yang menempati wilayah geografi dan ruang tertentu.

2. Sebutkan dan jelaskan Sudut Pandang tentang Teori Kependudukan !


Teori Pearl
manusia itu tumbuh berdasarkan kurva normal, yaitu mula-mula sedikit, bertambah, menjadi maksimum, dan akhirnya berkurang lagi.

Teori Gini
Penduduk berkembang cepat pada tingkat muda permulaan, hal ini dipengaruhi oleh hukum biologis.

Teori Sosial
dikemukakan oleh Arsen Dumont yang menyatakan teori kapilaritas sosial, seperti naiknya air dalam pembuluh sempit atau naiknya minyak dalam sumbu kompor. Tiap orang ingin memperoleh status sosial yang lebih tinggi, maka untuk itu mereka lebih suka tidak memproduksi anak.

Teori Transisi Demografi
bahwa perubahan penduduk terjadi sebagai akibat kondisi sosial-ekonomi penduduk yang bersangkutan.

3. Sebutkan Fungsi Keluarga menurut William J. Goode !
Fungsi keluarga menurut William J. Goode:
  1. Pengaturan Seksual,
  2. Reproduksi,
  3. Sosialisasi,
  4. Pemeliharaan,
  5. Penempatan Anak Dalam Masyarakat,
  6. Pemuas Kebutuhan Perseorangan, dan
  7. Kontrol Sosial